Wahai saudara/akhy muslim :
Wajib atas setiap muslim untuk mengagungkan hari ini
dan meraih karunia-karunia Alloh di dalamnya dengan cara bertaqorrub (mendekatkan
diri) kepada Alloh Ta’ala dengan segala bentuk qurubaat (pendekatan)
dan ibadah, karena sesungguhnya hari Jum’at itu memiliki hukum-hukum dan
adab-adab yang sepatutnya bagi setiap muslim berhias dengannya.
Maka perhatikanlah wahai akhy muslim,
berapa Jum’at yang telah berlalu atasmu tanpa kau perhatikan sedikitpun. Bahkan
sungguh banyak manusia yang menantikan hari ini supaya dapat melaksanakan
kemaksiatan kepada Alloh Azza wa Jalla dengan berbagai bentuk
kemaksiatan dan penyelewengan!!
(Ketahuilah) Diantara hukum-hukum dan adab-adab itu
adalah :
1. Disunnahkan bagi
imam membaca dua surat as-Sajdah dan al-Insan secara sempurna pada sholat fajar
(shubuh) di hari Jum’at, sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Shallallahu
’alaihi wa Salam, dan jangan memendekkan ketika membaca kedua surat ini
sebagaimana yang sering dilakukan oleh sebagian imam.
2. Disunnahkan bagi
seseorang untuk memperbanyak bersholawat atas Nabi Shallallahu ’alaihi
wa Salam, sebagaimana hadits Aus bin Aus radhiyallahu ’anhu,
dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam :
إن من أفضل أيامكم يوم
الجمعة, فيه خلق آدم و فيه قيض وفيه النفخة وفيه الصعقة, فأكثروا عليّ من الصلاة
فيه فإن صلاتكم معروضة عليّ
”Sesungguhnya seutama-utama hari atas kalian adalah
hari Jum’at, di dalamnya Adam diciptakan dan didalamnya beliau diwafatkan. Di
dalamnya sangkakala ditiup dan di dalamnya makhluk-makhluk mati bergelimpangan1.
Maka perbanyaklah kalian bersholawat atasku, karena sesungguhnya sholawat
kalian akan sampai kepadaku.” [HR Ahmad dan Ashhabus Sunan,
dishahihkan oleh an-Nawawi dan dihasankan oleh al-Mundziri].
3. Sholat
Jum’at itu diwajibkan atas setiap laki-laki yang merdeka,mukallaf,
muslim dan menetap. Sholat jum’at tidak wajib atas musafir yang atasnya qoshor di
dalam sholatnya, dan seorang budak serta wanita, namun barangsiapa diantara
mereka ini menghadiri sholat Jum’at maka mereka tetap mendapatkan pahala.
Kewajiban sholat jum’at menjadi batal dengan sebab adanya udzur (yang
syar’i) seperti sakit atau dalam keadaan khouf (perang
berkecamuk). [Asy-Syarhul Mumti’ V/7-34].
4. Mandi pada hari
jum’at termasuk tuntunan Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam sebagaimana
dalam sabda beliau ’alaihi Sholatu wa Salam :
إذا جاء أحدكم إلى الجمعة
فليغتسل
”Apabila salah seorang dari kalian hendak
mendatangi sholat Jum’at, maka hendaklah mandi.” [Muttafaq ’alaihi].
5. Berparfum,
bersiwak dan berpakaian dengan pakaian yang terbaik termasuk adab seorang
muslim di hari Jum’at. Dari Abu Ayyub beliau berkata : Aku mendengar Rasulullah Shallallahu
’alaihi wa Salam bersabda :
من اغتسل يوم الجمعة ومس
من طب إن كان له ولبس من أحسن ثيابه ثم خرج وعليه السكينة حتى يأتي المسجد
ثم يركع إن بدا له ولم يؤذ أحدا ثم أنصت إذا خرج إمامه حتى يصلي كانت كفارة لما
بينهما
”Barangsiapa mandi pada hari Jum’at, menggunakan
minyak wangi yang ia miliki dan memakai pakaiannya yang terbaik, kemudian ia keluar
dan berjalan dengan tenang (perlahan-lahan) sampai tiba di Masjid, lalu ia
ruku’ (sholat) yang tampak baginya dan ia tidak mengganggu seorangpun2,
lalu ia diam ketika imam keluar sampai menunaikan sholat, maka baginya kaffarah
(pelebur dosa) antara jum’at satu dengan jum’at lainnya.” [HR Ahmad dan
dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah].
Dan Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu
’anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda
:
غُسل يوم الجمعة علي
محتلم وسواك ويمس من الطيب ما قدر عليه
”Haruslah mandi pada hari Jum’at bagi setiap
orang yang mimpi, lalu bersiwak dan berparfum dengan minyak wangi semampu yang
ia miliki.” [HR Muslim].
6. Disunnahkah
bergegas untuk menunaikan sholat Jum’at yang mana sunnah ini seakan-akan telah
mati saat ini, semoga Alloh merahmati mereka yang masih menghidupkan sunnah
ini.
Dari Abu Hurairoh Radhiyallahu ’anhu dari
Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam beliau bersabda :
إذا كان يوم الجمعة وقفت
الملائكة على أبواب المسجد فيكتبون الأول فالأول, فمثل المهجر إلى الجمعة كمثل
الذي يهدي بدنة ثم كالذي يهدي بقرة ثم كالذي يهدي كبشا ثم كالذي يهدي دجاجة ثم
كالذي يهدي بيضة فإذا خرج الإمام وقعد على المنمر طووا صحفهم وجلسوا يسمعون الذكر
”Apabila tiba hari Jum’at, para malaikat berdiri di pintu-pintu Masjid,
mereka menulis orang-orang yang datang pertama kali. Permisalan orang yang
datang pada awal Jum’at bagaikan orang yang berkurban seekor unta, kemudian
(yang datang berikutnya) bagaikan orang yang berkurban seekor sapi, kemudian
(yang datang berikutnya) bagaikan orang yang berkurban seekor domba, kemudian
(yang datang berikutnya) bagaikan orang yang berkurban seekor ayam, kemudian
(yang datang berikutnya) bagaikan orang yang berkurban sebutir telur. Apabila
imam telah keluar dan duduk di atas mimbar, para malaikat berbondong-bondong
beranjak dari barisan mereka, lalu mereka duduk untuk mendengarkan khutbah.”
[Muttafaq ’alayhi].
Saudara-saudaraku...
Dimanakah gerangan orang-orang yang berlomba-lomba di dalam kebaikan?!
Dimanakah gerangan orang-orang yang bergegas menuju sholat?!
Dimanakah gerangan orang-orang yang memiliki semangat dan kemauan yang
teguh?!
7. Disunnahkan bagi seorang muslim untuk
menyibukkan diri dengan sholat, dzikir dan membaca al-Qur’an sampai imam
keluar. Hadits Salman dan Abu Ayyub sebelumnya sebagai dalil atas hal ini.
8. Wajib diam ketika khutbah dan
berkonsentrasi dengan apa yang diuraikan di dalam khutbah. Dari Abu Hurairoh Radhiyallahu
’anhubahwasanya Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda
:
إذا قلت لصاحبك : أنصت
يوم الجمعة والإمام يخطب فقد لغوت
”Apabila engkau berkata kepada temanmu : ”diamlah”
pada hari Jum’at sedangkan imam tengah berkhutbah, maka telah engkau sia-siakan
(Jum’atmu)” [Muttafaq ’alayhi].
Ahmad menambahkan di dalam riwayatnya :
و من لغا فليس له في
جمعته تلك شيء
”Barangsiapa yang (melakukan hal yang) sia-sia maka
ia tidak akan mendapatkan pada Jum’atnya sesuatu apapun.”
Di dalam riwayat Abu Dawud :
و من لغا أو تخطى كانت له
ظهرا
”Barangsiapa yang (melakukan perbuatan) sia-sia atau
membuat-buat garis3 maka ia telah mengesampingkan
(pahala).” [dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah]
9. Disunnahkan
membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at sebagaimana hadits Abu Sa’id
al-Khudri Radhiyallahu ’anhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu
’alaihi wa Salam bersabda :
من قرأ سورة الكهف يوم
الحمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين
”Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, maka
Alloh terangi ia dengan cahaya diantara dua jum’at.” [HR al-Hakim dan
Baihaqi, dishahihkan oleh al-Albani].
10. Tidak diperbolehkan melakukan safar pada
hari Jum’at bagi orang yang diwajibkan sholat Jum’at sebelum menunaikannya
setelah masuk waktunya. [Zaadul Ma’ad I/382].
11. Dibenci (dimakruhkan) berpuasa pada hari
Jum’at secara bersendirian dan sholat pada malamnya, sebagaimana hadits Abu
Hurairoh Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu
’alaihi wa Salam, beliau bersabda :
لا تخصوا ليلة الجمعة
بقيام و لا تخصوا يوم الجمعة بصيام من بين الأيام إلا أن يكون في صوم يصومه أحدكم
”Janganlah kalian mengkhususkan malam Jum’at dengan
sholat dan jangan pula mengkhususkan hari Jum’at dengan puasa daripada
hari-hari lainnya, kecuali puasa yang biasa kalian laksanakan.” [HR
Muslim].
12. Wajib bagi yang berkeinginan untuk
berpuasa pada hari Jum’at untuk menyertainya dengan puasa sehari sebelum atau
setelahnya, sebagaimana hadits Abu Hurairoh Radhiyallahu ’anhu dari
Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam, bahwasanya beliau bersabda
:
لا يصومنّ أحدكم
يوم الجمعة إلا أن يصوم يوما قبله أو يوما بعده
”Janganlah salah seorang dari kalian berpuasa pada
hari Jum’at kecuali disertai dengan puasa sehari sebelumnya atau setelahnya.”
[Muttafaq ’alaihi dan lafazh ini lafazhnya Bukhari].
13. Adapun sunnah pada hari Jum’at,
maka telah datang hadits (yang menerangkan) bahwasanya Nabi Shallallahu
’alaihi wa Salam melakukan sholat dua roka’at setelah Jum’at (Muttafaq
’alayhi), dan datang pula sebuah hadits bahwasanya Nabi Shallallahu
’alaihi wa Salam memerintahkan bagi orang yang hendak sholat setelah
jum’at untuk sholat sebanyak empat raka’at. (HR Muslim).
Ishaq berkata : ”Apabila beliau sholat di dalam
masjid pada hari Jum’at maka beliau sholat empat raka’at, dan apabila sholat di
rumah maka beliau sholat dua roka’at.”
Abu Bakr al-Atsram berkata : ”Kesemua hal ini boleh
dilakukan.” [al-Hadaa`iq karya Ibnul Jauzi II/183].
14. Apabila seorang muslim masuk ke dalam Masjid
pada hari Jum’at dan imam sedang berkhutbah, hendaklah ia sholat dua raka’at
yang ringan sebelum duduk, sebagaimana hadits Jabir bin ’Abdillah Radhiyallahu
’anhu beliau berkata : ”Sulaik al-Ghothfani datang (ke Masjid) pada
hari Jum’at dan Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam tengah
berkhutbah saat itu lalu ia langsung duduk. Maka Nabi Shallallahu
’alaihi wa Salam bersabda :
إذا جاء أحدكم يوم الجمعة
والإمام يخطب فليصل ركعبين ثم ليجلس
”Apabila salah seorang dari kalian masuk (ke
Masjid) dan Imam tengah berkhutbah, maka sholatlah dua raka’at lalu duduklah.”
[HR Muslim].
15. Disunnahkan bagi imam untuk membaca pada
sholat jum’at dua surat : yaitu al-Jum’ah dan al-Munafiqun, atau
al-’A’laa dan al’Ghoosyiah, karena Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam membacanya.
[HR Muslim].